Saat ini, perhatian terhadap lingkungan semakin meningkat di seluruh dunia. Banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga alam dan menjaga kelestarian lingkungan hidup. Di desa Cikoneng, kecamatan Cikoneng, kabupaten Ciamis, hal ini juga tidak terkecuali. Dibawah kepemimpinan Ibu Elin Herlina, masyarakat desa Cikoneng berperan aktif dalam menjaga dan merawat ruang hijau di sekitar mereka.

ruang hijau Terjaga: Sebuah Kehormatan bagi Masyarakat Cikoneng

Berada di sekitar lereng Gunung Ciremai, Desa Cikoneng dikelilingi oleh keindahan alam yang menakjubkan. Hutan-hutan, persawahan, dan sungai-sungai yang membelah desa, semuanya merupakan bagian tak terpisahkan dari lingkungan yang harus dijaga dengan baik. Untuk itulah, masyarakat Cikoneng merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian ruang hijau di desa mereka.

Ruang Hijau Terjaga: Kiat Masyarakat Cikoneng untuk Lingkungan yang Aman

Teknik Konservasi Lingkungan yang Dilakukan oleh Masyarakat Cikoneng

Masyarakat Cikoneng telah mengimplementasikan berbagai teknik konservasi lingkungan yang efektif. Salah satunya adalah dengan mengadakan penanaman pohon secara massal. Setiap tahun, masyarakat setempat mengadakan acara penanaman pohon bersama yang melibatkan penduduk dari berbagai lapisan umur. Selain itu, mereka juga menyediakan program bantuan bibit tanaman kepada warga yang ingin menanam di halaman rumah mereka masing-masing.

Di samping itu, desa Cikoneng juga memiliki program pengelolaan sampah yang baik. Setiap warga desa diberikan wadah sampah terpisah untuk sampah organik dan non-organik. Sampah organik digunakan sebagai pupuk dan diolah menjadi kompos oleh masyarakat Cikoneng, sedangkan sampah non-organik didaur ulang atau dikirim ke tempat pengolahan sampah terdekat.

Keterlibatan Masyarakat dalam Pemantauan Lingkungan

Masyarakat desa Cikoneng juga aktif dalam pemantauan kualitas lingkungan setempat. Mereka membentuk kelompok pemantau lingkungan yang bertugas memantau kondisi air sungai, kualitas udara, serta tumbuhan dan binatang di sekitar desa. Jika ada indikasi kerusakan lingkungan, kelompok pemantau lingkungan tersebut segera mengambil tindakan preventif.

Peran Ibu Elin Herlina sebagai Kepala Desa

Sebagai kepala desa, Ibu Elin Herlina memegang peranan penting dalam menggerakkan masyarakat Cikoneng untuk menjaga lingkungan. Ia secara aktif mengedukasi warganya tentang pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan. Dengan kerja keras Ibu Elin dan kesadaran masyarakat yang tinggi, desa Cikoneng telah menjadi contoh yang baik dalam menjaga ruang hijau dan lingkungan yang aman.

Dengan segala upaya dan kiat masyarakat Cikoneng, lingkungan sekitar desa semakin terjaga dan aman. Ruang hijau di desa Cikoneng telah menjadi tempat perlindungan bagi flora dan fauna yang mendiami wilayah tersebut. Semoga contoh positif dari desa Cikoneng dapat menginspirasi masyarakat lain untuk ikut serta dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Ruang Hijau Terjaga: Kiat Masyarakat Cikoneng Untuk Lingkungan Yang Aman

Bagikan Berita