Masyarakat di Desa Cikoneng, secara resmi membentuk Pengurus Kelompok Ternak Sapi, Kompos, dan Arang Sekam (07/06) dalam upaya untuk membangun pedesaan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat. Pembentukan kelompok ini merupakan inisiatif yang diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian dan menghasilkan penghasilan tambahan bagi petani setempat.

Kelompok ini terdiri dari petani dan anggota masyarakat yang memiliki minat dan komitmen untuk mengembangkan sektor pertanian dan peternakan di daerah mereka. Dalam upaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian, mereka akan fokus pada pengembangan ternak sapi, produksi kompos, dan pembuatan arang sekam. Ketiga bidang ini dipilih karena memiliki potensi besar untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian dan menghasilkan produk bernilai tinggi.

Selain itu, kelompok ini juga akan fokus pada produksi kompos. Kompos adalah pupuk organik yang dihasilkan dari daur ulang sisa-sisa pertanian, seperti jerami, dedaunan, dan sisa-sisa tanaman. Dengan mengolah limbah organik ini menjadi kompos, kelompok ini berharap dapat mengurangi limbah pertanian dan pada saat yang sama meningkatkan kesuburan tanah pertanian. Mereka akan menerapkan teknik pengomposan yang tepat dan mengedukasi petani lainnya tentang manfaat kompos untuk pertanian yang berkelanjutan.

Selain produksi kompos, kelompok ini juga akan memanfaatkan arang sekam sebagai sumber daya bernilai tinggi. Arang sekam merupakan hasil samping dari pembakaran sekam padi yang biasanya dianggap sebagai limbah. Dengan memanfaatkannya, kelompok ini berharap dapat menghasilkan arang berkualitas tinggi yang dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif, bahan baku industri, atau sebagai media filter dalam pengolahan air.

Pembentukan Pengurus Kelompok Ternak Sapi, Kompos, dan Arang Sekam ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah setempat dan lembaga pertanian terkait. Mereka akan memberikan pelatihan, bantuan teknis, dan akses ke pasar untuk membantu kelompok ini mencapai tujuan mereka.

Bagikan Berita