Gambar: Penguatan Solidaritas Sosial: Peran Dasawisma di Desa Cikoneng, Ciamis

Penguatan Solidaritas Sosial: Peran Dasawisma di Desa Cikoneng, Ciamis

Desa Cikoneng, yang terletak di kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, merupakan salah satu desa yang menerapkan program Dasawisma sebagai upaya untuk memperkuat solidaritas sosial di masyarakatnya. Dasawisma merupakan suatu kelompok yang terdiri dari beberapa RT yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan membangun hubungan yang harmonis antarwarga dalam masyarakat.

Dalam rangka memperkuat solidaritas sosial di Desa Cikoneng, Dasawisma memiliki peran yang sangat penting. Kelompok ini berfungsi sebagai mediator antara masyarakat dan pemerintah desa, serta sebagai wadah bagi masyarakat dalam berkoordinasi dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dasawisma adalah pembentukan kelompok-kelompok kerja (Pokja) berdasarkan bidang kegiatan tertentu, seperti kelompok ibu-ibu, kelompok pemuda, kelompok olahraga, kelompok seni, dan sebagainya. Setiap Pokja memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, namun tetap bekerja sama dan saling mendukung dalam menciptakan suasana solidaritas yang kuat di antara anggotanya.

Contoh nyata dari peran Dasawisma dalam memperkuat solidaritas sosial di desa cikoneng dapat dilihat dari kegiatan gotong-royong yang dilakukan secara berkala. Setiap bulan, setiap Pokja wajib melaksanakan gotong-royong untuk membersihkan lingkungan desa, memperbaiki sarana dan prasarana umum, serta membantu anggota masyarakat yang membutuhkan.

Tidak hanya itu, Dasawisma juga turut aktif dalam menggalang dana dan menyelenggarakan kegiatan amal untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Mereka sering mengadakan bazar amal, konser amal, atau mengelola sumbangan dari masyarakat secara transparan dan akuntabel.

Keberadaan Dasawisma sebagai salah satu organisasi sosial di desa cikoneng telah memberikan dampak positif yang besar dalam memperkuat solidaritas sosial di masyarakat. Mereka telah berhasil menciptakan rasa kebersamaan dan saling peduli antarwarga, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan kemasyarakatan.

Langkah konkret ini membuktikan bahwa inisiatif warga dengan dukungan pemerintah desa sangat penting dalam membangun solidaritas sosial yang kuat dan harmonis di tingkat desa.

Dengan melibatkan semua lapisan masyarakat dalam kegiatan bersama, seperti gotong-royong dan kegiatan amal, desa Cikoneng dapat mengatasi berbagai permasalahan sosial secara kolektif dan menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk semua warganya.

Sebagai kepala desa, Ibu Elin Herlina yakin bahwa solidaritas sosial yang kuat akan memberikan dampak positif bagi perkembangan desa. Dengan adanya Dasawisma, Ibu Elin Herlina berharap masyarakat Desa Cikoneng dapat terus saling mendukung, bekerja sama, dan hidup harmonis, sehingga tercipta desa yang sejahtera dan berdaya.

Menjadi bagian dari desa yang solidaritas sosialnya terjaga dengan baik adalah suatu keberuntungan. Namun, hal tersebut juga merupakan sebuah keharusan yang perlu diperjuangkan bersama oleh seluruh masyarakat Desa Cikoneng. Kita semua memiliki peran penting dalam memperkuat solidaritas sosial, baik melalui partisipasi aktif dalam kegiatan Dasawisma maupun dengan memberikan dukungan positif kepada sesama.

Seiring dengan perkembangan zaman, tantangan sosial di desa tentu akan semakin kompleks. Oleh karena itu, diperlukan komitmen dan sinergi antara warga, pemerintah desa, dan berbagai pihak terkait untuk terus memperkuat solidaritas sosial dan menciptakan desa yang tangguh, mandiri, dan harmonis.

Jadi, mari kita semua bersama-sama menjaga dan memperkuat solidaritas sosial di Desa Cikoneng, Ciamis, agar dapat meraih kesejahteraan dan kemajuan bagi semua warganya. Bersatu kita kuat!

Penguatan Solidaritas Sosial: Peran Dasawisma Di Desa Cikoneng, Ciamis

Bagikan Berita