Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup para petani dan memastikan kelancaran akses pertanian, warga Dusun Ciangini Desa Cikoneng, Kabupaten Ciamis, bergotong royong dalam sebuah kerja bakti besar-besaran (3/9). Kegiatan kerja bakti ini bertujuan untuk membersihkan saluran air dan memperbaiki jalan akses pertanian yang selama ini telah mengalami kerusakan.

Para petani di Dusun Ciangini Desa Cikoneng menghadapi tantangan besar dalam menjalankan aktivitas pertanian mereka akibat saluran air yang tersumbat oleh lumpur dan sampah, serta jalan akses yang rusak. Kondisi ini tidak hanya menghambat distribusi hasil pertanian mereka, tetapi juga mengurangi produktivitas dan pendapatan mereka secara keseluruhan.

Untuk mengatasi masalah ini, masyarakat Dusun Ciangini Desa Cikoneng bersatu dalam semangat gotong royong. Pada pagi hari yang cerah, warga desa mulai berkumpul di lokasi-lokasi yang membutuhkan perbaikan. Tim ibu-ibu dan tim bapak-bapak terpisah dibentuk untuk melakukan tugas yang berbeda.

Saluran air yang telah lama terlupakan mulai dibersihkan dengan penuh semangat. Warga menggunakan alat sederhana seperti sekop, cangkul, dan ember untuk mengangkat lumpur dan sampah dari saluran air yang berfungsi sebagai sistem irigasi bagi pertanian mereka. Kehadiran anak-anak muda di antara para peserta kerja bakti membawa semangat dan energi tambahan dalam usaha ini.

Kepala Dusun Ciangini, Bapak Rahmat Firmansyah, SE, sangat bersyukur atas semangat gotong royong yang diperlihatkan oleh masyarakatnya. Ia menyatakan, “Kerja bakti ini adalah contoh nyata bagaimana kebersamaan dan kepedulian warga dusun dapat meningkatkan kualitas hidup kita semua. Dengan saluran air yang bersih dan jalan akses pertanian yang baik, kami yakin pertanian kami akan berkembang pesat.”

Kerja bakti tersebut juga mendapat dukungan dari pihak pemerintah setempat, yang menyediakan bantuan berupa alat-alat dan material yang diperlukan. Selain itu, beberapa organisasi masyarakat dan swasta juga turut membantu dalam menyediakan dukungan logistik.

Setelah beberapa hari kerja keras, hasilnya pun terlihat. Saluran air yang bersih dan jalan akses pertanian yang diperbaiki telah meningkatkan kualitas hidup petani di Dusun Ciangini. Mereka kini dapat dengan mudah mengakses lahan pertanian mereka dan mengoptimalkan hasil panen.

Kerja bakti ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi petani, tetapi juga memperkuat ikatan sosial di antara warga dusun. Semangat gotong royong yang diresapi dalam proses ini menjadi contoh inspiratif bagi banyak warga dusun lainnya, menunjukkan bahwa dengan bersatu, kita dapat mengatasi berbagai tantangan dan mencapai kemajuan bersama.

Bagikan Berita