Pada hari Kamis, pukul 09.00 WIB hingga selesai, telah dilaksanakan kegiatan bimbingan teknis pemutakhiran data SDGs (Sustainable Development Goals) di Aula Desa Cikoneng, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi PMD Kecamatan Cikoneng dan Kepala Desa Cikoneng, serta menghadirkan narasumber yang merupakan pendamping desa.

Bimbingan teknis ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman para perangkat desa dalam mengelola dan memperbarui data yang berkaitan dengan SDGs. Data SDGs sangat penting untuk memastikan pembangunan desa berjalan sesuai dengan target dan sasaran yang telah ditetapkan, serta untuk memantau kemajuan pembangunan desa dalam berbagai aspek seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan ekonomi.

Kasi PMD Kecamatan Cikoneng dalam sambutannya menekankan pentingnya data yang akurat dan terkini dalam perencanaan pembangunan desa. “Pemutakhiran data ini adalah fondasi bagi pembangunan yang berkelanjutan. Dengan data yang valid, kita dapat menyusun program dan kegiatan yang tepat sasaran,” ujarnya.

Kepala Desa Cikoneng juga menyambut baik kegiatan ini dan berharap seluruh perangkat desa dapat mengikuti bimbingan teknis dengan baik sehingga mampu mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh dalam tugas sehari-hari. “Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas data dan perencanaan di Desa Cikoneng, sehingga desa kita dapat lebih maju dan sejahtera,” katanya.

Pendamping desa yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini memberikan berbagai materi terkait teknis pemutakhiran data, mulai dari cara pengumpulan data, validasi, hingga pelaporan. Para peserta juga diajak untuk melakukan simulasi dan praktik langsung agar lebih memahami proses yang diajarkan.

Dengan adanya kegiatan bimbingan teknis ini, diharapkan perangkat Desa Cikoneng mampu melakukan pemutakhiran data SDGs dengan lebih baik, sehingga data yang dihasilkan dapat digunakan sebagai dasar yang kuat untuk pengambilan keputusan dalam pembangunan desa.

Bagikan Berita