Cikoneng, 16 Mei 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, Pemerintah Desa Cikoneng, Kecamatan Cikoneng, mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi guru-guru PAUD di wilayah tersebut. Acara yang berlangsung selama lima hari ini diikuti oleh sekitar 14 guru dari PAUD yang ada di Desa Cikoneng.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Camat Kecamatan Cikoneg, H. Nandang Nugraha, S. Sos yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai fondasi bagi perkembangan anak di masa mendatang. “Guru PAUD memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan pengetahuan dasar anak. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas guru merupakan salah satu prioritas kami untuk memastikan anak-anak di Desa Cikoneng mendapatkan pendidikan yang berkualitas,” ujarnya.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi berbagai aspek penting dalam pendidikan anak usia dini, seperti metode pembelajaran aktif, pengembangan kurikulum, teknik evaluasi pembelajaran, serta pendekatan psikologis dalam mengajar anak-anak. Selain itu, para peserta juga mendapatkan pelatihan khusus tentang penggunaan media dan teknologi dalam pembelajaran, yang diharapkan dapat membantu meningkatkan interaksi dan kreativitas anak-anak.

Salah satu pemateri, Ibu Bibin Siti Milaturrohmah, M. Pd, seorang pakar pendidikan anak usia dini, menyampaikan bahwa para guru PAUD harus terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. “Anak-anak kita tumbuh di era digital, sehingga kita sebagai pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses belajar mereka. Namun, yang lebih penting adalah tetap memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak-anak dalam setiap kegiatan pembelajaran,” jelasnya.

Para peserta pelatihan menyambut baik kegiatan ini. Ibu Irma Hikmawati, salah satu guru PAUD peserta, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan untuk meningkatkan kemampuan mengajarnya. “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Banyak ilmu baru yang kami dapatkan, dan kami merasa lebih siap untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak didik kami,” ujarnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan peningkatan kapasitas guru PAUD ini, diharapkan kualitas pendidikan anak usia dini di Desa Cikoneng semakin baik dan mampu mencetak generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia. Pemerintah Desa Cikoneng berkomitmen untuk terus mendukung program-program serupa demi kemajuan pendidikan di desa ini.

Bagikan Berita