Baliho, yang merupakan singkatan dari “Bahan Ajar Layanan Informasi dan Transparansi Desa”, adalah inovasi lokal yang menggabungkan aspek tradisional dan teknologi informasi modern. Pemerintah Desa Cikoneng akan menampilkan informasi terkait penggunaan dana desa dalam bentuk baliho yang dipajang di tempat strategis di desa seperti Balai Desa.

Baliho ini bukan hanya sekadar laporan anggaran biasa, tetapi dirancang sedemikian rupa untuk mudah dipahami oleh semua lapisan masyarakat, termasuk yang tidak memiliki latar belakang pendidikan formal. Melalui representasi visual yang jelas dan sederhana, informasi seperti penerimaan dana, alokasi untuk proyek-proyek tertentu, serta penggunaan dana akan disampaikan dengan transparan dan akurat.

Warga desa menyambut langkah ini dengan antusiasme. Banyak yang menganggapnya sebagai tonggak penting dalam upaya meningkatkan akuntabilitas pemerintah desa dan melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan. Dengan informasi yang lebih mudah diakses dan dipahami, diharapkan bahwa warga akan merasa lebih terlibat dalam pemantauan penggunaan dana desa serta memberikan masukan yang konstruktif untuk perbaikan lebih lanjut.

Kepala Desa Cikoneng Ibu Elin Herlina menyatakan komitmennya untuk menjadikan transparansi dan partisipasi masyarakat sebagai prinsip utama dalam setiap keputusan yang diambil oleh pemerintah desa. Dia juga menegaskan bahwa langkah ini adalah bagian dari upaya lebih luas untuk membangun tata kelola yang baik dan berkelanjutan di tingkat lokal.

Bagikan Berita